Begini Cara Pasang Water Heater yang Aman

Pemanas air atau water heater merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang banyak digunakan. Alat ini digunakan untuk mempermudah penggunaan air mandi hangat di rumah.

Water heater memiliki dua jenis, pertama menggunakan tabung gas, kedua dengan listrik. Sebelum masuk ke dalam cara pemasangan water heater yang aman, di bawah ini akan dijelaskan tentang manfaat lain penggunaan water heater.

Penjelasan water heater

Sebelum mengetahui cara memasang water heater listrik, penting untuk mengenali terlebih dahulu beberapa manfaat dari alat satu ini seperti dikutip dari laman Pinhome.

  1. Penggunaannya praktis dan tidak tergantung dengan cuaca.
  2. Tak perlu mengganti gas karena sumber panas berasal dari tenaga listrik.
  3. Panas yang dihasilkan cenderung stabil tanpa gangguan.
  4. Pemakaian energi lebih efisien karena hanya digunakan saat menyalakan mesin saja.
  5. Harga jauh lebih terjangkau dibandingkan jenis water heater lainnya.
  6. Usia penggunaan bisa mencapai 13 tahun.
  7. Tidak ada risiko kebocoran gas yang mematikan

Setelah mengetahui tentang manfaat water heater, selanjutnya akan dijelaskan cara pasang water heater. Memasang water heater bisa dilakukan sendiri, tapi Anda harus mempehatikan beberapa hal pokok.

Cara memasang water heater gas

Memasang water heater gas sedikit lebih rumit dibandingkan dengan listrik karena memerlukan tabung.  Pada water heater bertangki, proses pemanasan dilakukan pada tangki air.
Proses pemanasan ini dibantu oleh elemen pemanas yang terpasang pada bagian atas dan bawah tangki air.

Selain memanaskan air di dalam tangki, water heater juga menjaga agar suhu air tetap hangat. Adapun kapasitas air yang dihangatkan berbeda-beda sesuai ukuran tangki, mulai dari 10 liter, 15 liter, hingga 30 liter.

Di bawah ini ada cara memasang water heater gas yang tepat. Jika Anda kesulitan memasang sendiri, gunakan jasa atau tukang agar lebih aman. Di bawah ini dijelaskan cara memasang water heater gas.

Peralatan yang dibutuhkan

Obeng, kunci Inggris, bor tembok (mata bor 6 mm), kran shower, hand shower
regulator lowpressure, selang gas, fisher 6 mm dan sediakan baut nya sebanyak 3 buah.
Klem gas dua buah, dan epel gas.

1. Pasang baterai

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memasang water heater gas adalah dengan memasang baterai yang biasanya sudah tersedia di dalam unit boks. 

2. Tentukan sumber air

Kemudian kencangkan nepel gas pada pipa gas inlet dan tentukan sumber air yang akan dijadikan sebagai aliran air masuk ke dalam unit pemanas.

3. Pasang mesin

Setelah itu letakkan mesin pemanas tepat di atas sumber air dengan memakai fisher dan sekrup berukuran 6 mm.

4. Pasang keran

Pasang keran bercabang pada sumber air yang sudah Anda tentukan, kemudian tutup dengan sealtape agar tidak mudah bocor.

5. Pasang shower

Pasang shower fleksibel pada keran bercabang tepat di bagian bawahnya, dimana drat terpasang, dan sambungkan komponennya ke pipa yang berada paling kanan (water inlet).

Kemudian pasangkan hand shower pada pipa outlet yang berada di tengah-tengah mesin pemanas dan tutup lagi menggunakan seal tape agar tidak mudah bocor.

6. Pasang selang LPG

Kemudian pasang selang LPG pada nepel gas lalu eratkan menggunakan lem dan lakukan hal yang sama pada regulator gas LPG.

7. Pastikan menyala

Setelah semuanya sudah terpasang, pastikan tombol switch on dan off  dalam posisi on, kemudian buka tuas yang berada di samping keran cabang.

Jika suara detikan mesin sudah terdengar, artinya pemantik pemanas airnya sudah menyala, dan pastikan api di dalamnya pun sudah memerah. Kemudian rasakan suhu air yang keluar dari keran atau shower, tunggu suhunya memanas dalam waktu 10 detik.

Cara pasang water heater listrik

Perlatan yang dibutuhkan

Sebelum memasang water heater listrik, siapkan alat dan material yang dibutuhkan. Beberapa alat pendukung diantaranya obeng bunga, obeng slotted, seal tape, dan kunci inggris.

Jangan lupa siapkan tangga lipat jika pemasangan water heater ditempatkan pada ketinggian tertentu. Bor listrik untuk membantu mengunci water heater. Palu kecil, gunting pipa dan meteran kecil berukuran 5 meter.

Siapkan shower air dan T kran ½ serta klem pipa ½ secukupnya. Jangan lupa stop kran air panas untuk mengatur memberhentikan air.

Berbeda dengan water heater gas, memasang mesin water heater listrik dengan atau tanpa tangki bisa dilakukan tanpa membobok tembok.

Pekerjaan instalasi tentunya akan menjadi jauh lebih ringan sehingga bisa dilakukan sendiri tanpa harus merusak dinding. Hal ini dapat mengarah ke pengeluaran tambahan untuk memperbaiki dinding nantinya.

Untuk melakukan pemasangan water heater tanpa bobok, Anda bisa memperhatikan skema di atas sebagai rujukan. Mesin water heater memiliki beberapa bagian penting yang harus dipasang pada lokasi tertentu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Padamkan listrik di rumah sebelum melakukan instalasi.
  2. Pasang unit water heater listrik dengan menggunakan bor untuk melubangi tembok.
  3. Pasang pipa air panas dan dingin beserta safety valve.
  4. Pasang keran mixing (keran air panas dan dingin) kemudian sambungkan dengan pipa air panas dan dingin.
  5. Pasang stop kontak untuk menghubungkan water heater dengan sumber listrik PLN.
  6. Pastikan posisi stok kontak berdekatan dengan water heater agar terjangkau oleh kabel dari unit.

Pada dasarnya cara pasang water heater listrik mudah saja dan bisa dilakukan sendiri. Namun, saat melakukan instalasi heater water listrik, Anda harus memperhatikan jarak antara pipa air panas dengan dingin minimal 15 cm.

Perhatikan juga pemasangan keran mixing agar tidak keliru dan menimbulkan kebingungan bagi pemakai. Tes kinerja pipa dengan membuka saluran kran.

Bila tidak ada tetesan air, ini bisa dianggap tidak ada kebocoran. Coba nyalakan kran air panas apakah air yang dihasilkan sesuai suhunya atau tidak.

Jarak ideal untuk cara pasang water heater listrik setidaknya 1.5m dari lantai. Posisi yang tinggi akan menghindarkan komponen water heater  terkena cipratan air.

sumber: https://www.medcom.id/properti/tips-properti/ybJ0OqwK-begini-cara-pasang-water-heater-yang-aman